Dalam membangun usaha awalnya kita harus pinter-pinter lihat peluang. Apa yang dibutuhkan masyarakat dan lokasi yang strategis menentukan usaha itu dijalankan. Selain lokasi yang strategis, cari lokasi dimana orang lain belum punya usaha yang sama seperti usaha kita. Tujuan membuat usaha tersebut untuk hidup, dorongan kebutuhan masyarakat dan membuka lapangan kerja untuk masyarakat dilingkungan sekitar.

Dalam mendirikan usaha faktor – faktor yang harus diperhatikan yaitu :
1. Alam (tanah, sumber air, bahan baku dan bangunan)
2. Modal biaya usaha
3. Keterampilan
4. Tenaga Kerja

usaha
Ketersediaan bahan baku sangat diperhatikan karena tanpa bahan baku tidak akan jalan usaha tersebut. Hal tersebut harus dipertimbangkan setelah memilih usaha tersebut harus difikirkan bahan bakunya. Bahan baku tersebut tersedia setiap saat atau musiman. Apabila musiman harus mencari bahan baku tersebut tidak hanya mengandalkan satu sumber melainkan beberapa sumber. Jadi apabila satu sumber tersebut stoknya habis maka tidak kebingungan mencari bahan baku tersebut.

Hitung besarnya modal dan biaya-biaya, pengeluaran yang dibutuhkan untuk memulai, mengoperasikan, memproduksi dan lainnya. Modal usaha tersebut bisa dari tabungan atau menjual harta sendiri dan bisa juga kerjasama dengan partner bahkan bisa juga meminjam modal. Partner juga dibagi 2 yaitu :
1。 General partnership adalah semua anggota ikut secara aktif mengoperasikan bisnis dan bersama-sama bertanggung jawab terhadap apapun yang dihadapi oleh perusahaan.
2。 Limited partnership, anggota yang memiliki tanggung jawab terbatas tidak memiliki hak suara dalam mengoperasikan perusahan sehari-hari namun berhak atas laba yang pembagiannya telah ditetapkan sesuai kesepakatan bersama.
Dengan modal utama seorang wirausaha harus mempunyai jiwa yang tekad, niat dan kejujuran.

Mendirikan usaha tidak saja membutuhkan modal tapi juga membutuhkan keterampilan dalam usahanya. Tidak mungkin seorang wirausaha melakukan semuanya sendiri melainkan membutuhkan orang lain untuk membantu memproduksi usahanya. Orang yang membantunya harus bisa melakukan yang diarahkannya dengan kemampuan dan keterampilan teknis.

Orang-orang yang terlibat dalam usaha ini adalah orang-orang yang mempunyai kemampuan, semangat, rajin dan jujur. Tenaga kerja yang direkrut seperti kerabat, orang-orang yang ada dilingkungan sekitar yang membutuhkan pekerjaan.

Sebagai usaha yang baru diperlukan untuk memasarkan produk usahanya melalui mulut ke mulut, biasanya diberi diskon seminggu awal pembukaan. Bila usahanya besar mempromosikan produknya melalui iklan di media massa dan banyak lagi media untuk memperkenalkan produknya.